Wajib Tau ! Ini 8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal

Wajib Tau ! Ini 8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal

Jajanan Khas Nganjuk - Oleh Oleh Khas Nganjuk - Apa sih makanan Khas Nganjuk Yang paling Terkenal ? Sangat disayangkan sekali jika kamu orang Nganjuk tapi tidak tahu bahkan masih bingung jika ditanya orang tentang apa makanan khas kota nganjuk. Disini saatnya kamu tahu. Ketika orang bertanya tentang jajanan  khas atau oleh - oleh makanan dari nganjuk, kamu bisa langsung menjawab. 
 
Sebelum membahas makanan khas nganjuk, terlebih dahulu kamu mengetahui sedikit profil tentang kota angin nganjuk. Nganjuk merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur Pusat pemerintahannya berada di Nganjuk. Letak Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro di sebelah utara, Kabupaten Jombang di bagian timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di bagian selatan, serta Kabupaten Madiun di barat. Beberapa icon nganjuk yang paling terkenal yaitu wisata air terjun sedudo. Kota nganjuk juga disebut dengan Anjuk Ladang, Atau Kota Angin.

Daftar Makanan Khas Nganjuk

Selain wisata air terjun sedudo ada juga wisata lain di kota nganjuk yaitu air terjun roro kuning, candi ngetos, Embung Estumulyo, Air Terjun Watu Lumbung, Air Terjun Selo Leter di desa bendolo Sawahan dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah bagi kamu wisatawan dari luar kota tentu kurang pas jika bepergian ke nganjuk tanpa membeli oleh oleh makanan khas Nganjuk. Berikut ini adalah beberapa informasi terkait jajanan atau makanan khas di nganjuk seperti nasi becek, dumbleg, onde-onde mbledes, mari kita bahas satu persatu makanan yang paling khas di nganjuk ini.

1. Makanan Nasi Becek Khas Nganjuk
 
 

Nasi becekini adalah makanan yang mirip dengan kare kambing. Isi dari sego becek ini hampir sama dengan soto babat, kalo nasi becek ini telah diberi potongan sate kambing yang telah dilucuti dari tusuk satenya.

2. Makanan Dumbleg Khas Nganjuk

 
Dumbleg ini merupakan makanan sejenis dodol yang terbuat dari ketan bisa juga tepung beras. Rasa dumbleg ini manis legiit dan bentuknya panjang kayak lontong. Jajanan ini yang terbuat dari tepung beras, gula jawa & santan yang dibungkus dari pelepah jambe. Makanan khas ini sudah jarang di temui di kota angin, akan tetapi makanan Khas Dumbleg ini masih ada yang menjualnya di pasar gondang.

3. Krupuk Pecel Khas Nganjuk

 
Krupuk pecel khas nganjuk ini adalah krupuk bakar yang dicampur dengan sayuran, dalam penyajianya yaitu krupuk yang di atasnya di taburu sayuran yang terdiri dari capar (toge), bayam,bung (rebung), kenikir, mbayung (daun kacang) dan kacang panjang. yang kemudian atasnya di siram dengan bumbu pecel, biasanya untuk menemani makan krupuk yang khas ini di temani es rujak yang segar sekali.

4. Makanan Khas Onde-onde ketawa/Njeblos



 
Onde-onde Njeblos atau bisa di sebut onde onde ketawa ini bentuknya seperti onde-onde pada umumnya namun perbedaanya onde-onde in dalamnya tidak terdapat isi juga pecah, jadi kayak orang ketawa.

5. Makanan Nasi Pecel Nganjuk

 
Ini yang membedakan nasi pecel nganjuk dengan kota lainnya. Makanan khas nasi pecel nganjuk ini terdapat kulupan kembang turinya, biasaya campuan kulupnya ada banyak diantaranya ada kulup kangkung, toge, kacang panjang, kembang turi, dalam penyajianya nasi yang disiram dengan kuah sambal kacang/pecel yang di tambahkan tempe, tahu goreng serta rempeyeksebagai lauknya.



6. Makanan Khas Krupuk Upil

 
Krupuk Upil nganjuk ini sama dengan krupuk upil pada umumya, adalah krupuk kecil yang digoreng tanpa minyak tetapi menggunakan pasir

7. Makanan Khas Tepo Mbah Umbruk

Tepo Mbah Umbruk merupakan makanan khas nganjuk yang Seperti lontong bungkusnya dari daun pisang bentuknya kerucut dan agak miring. Tepo mbah umbruk ini dalam penyajianya terdapat sayurnya kacang panjang tapi di ambil isinya atau disebut kacang tolo.dan bumbu dan bahan bahan lain .dan sampai saat inipun bisa dinikmati.

8. Makanan Khas Nasi Tumpang Nganjuk

 
Nasi Tumpang adalah sajian nasi yang di sajikan dengan kulup yang di lumuri sambal tumpang, tumpang sendiri merupakan sambal yang terbuat dari tempe "busuk" (tempe difermentasikan) yang dimasak dengan bumburempah-rempah, pada umumnya cara menyajikan nasi tumpang ini adalah perpaduan sambal tumpang dan pecel. tergantung selera.

Semoga Informasi tentang 8 Makanan Khas Nganjuk Yang Terkenal ini bermanfaat bagi kamu dan orang lain yang sedang berwisata ke kota nganjuk.



 Anda Juga Bisa Kirim Berita ke OkeNyus.com - Cek Di Sini 

 

.

 SEPUTAR NGANJUK 
Baca Yang Lainnya...

.

 HUBUNGAN 
Baca Yang Lainnya...

.

 TEKNOLOGI 
Baca Yang Lainnya...

.

 UNIK 
Baca Yang Lainnya...

.

 KESEHATAN 
Baca Yang Lainnya...