Pembelajaran Mudah Tentang Power Point

Pembelajaran Mudah Tentang Power Point

Banyak cara yang dilakukan untuk dapat menguasai salah satu program microsoft  yaitu power point, dimana pada program ini sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan maupun dunia usaha atau kerja. Di jman seperti sekarang ini dimana teknologi sekarang merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh setiap individu baik dalam dunia kerja maupun dalam dunia pendidikan. Untuk itu pada saat ini kami sajikan beberapa tips mudah agar tiap individu dapat menguasai program microsoft power point dengan mudah dan cepat.




Berikut ini adalah langkah - langkah mudah dalam menguasai microsoft power point :

Menambahkan Section Pada Slide

Menambahkan Section Pada Slide 
Presentasi biasanya tidak membutuhkan waktu lama, umumnya berkisar antara 10 hingga 15 menit. Oleh sebab itulah, dalam Slide Presentasi hanya dibuat poin-poin yang mampu mewakili konten dari seluruh materi yang ingin disampaikan. Jika poin-poin materi yang ingin disampaikan cukup banyak, maka slide yang akan di tampilkan juga cukup banyak. Lantas bagaimana anda menyiasati agar anda bisa menemukan slide dengan cepat sehingga tidak menghabiskan waktu presentasi hanya untuk mencari-cari slide? Jawabannya sederhana , anda bisa menambahkan section pada slide section ini berfungsi untuk mengelompokkan slide-slide yang masihdalam satu topic. Untuk mengetahui lebih jelasnya langsung saja anda ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Dari panel Slide , aktifkan slide yang akan di tambahi section.
  2. Selanjutna klik ikon Section dibagian kelompok Slide Tab Home lalupilih opsi Add Section
  3. Seketika muncul section dengan nama default Untitle Section dibagian atas Slide yang sedang aktif.
  4. Untuk mengubah nama section, klik-kanan section tersebut kemudian pilih opsi Rename Section.
  5. Muncul kontak dialog Rename Section. Ketikkan judul section slide, misalnya judul lalu tekanlah tombol Rename.
  6. Seketika nama section langsung berubah sesuai dengan nama yang ditentukan.
  7. Anda bisa menambahkan section untuk mengelompokkan slide lainnya sehingga anda bisa cepat menentukan slide yang di butuhkan ketika melakukan presentasi.

Membuat Kode Akses Untuk File

Membuat Kode Akses Untuk File 
Setiap file dalam Powerpoint dapat anda lindungi dengan membuat kode akses atau password. Hal ini selain melinduungi data anda agar tidak dapat dilihat oleh orang yang tidak berkepentingan (open password juga melindungi agar data tidak diubah atau di edit (Modify Password) dan anda pun bisa menggunakan keduanya. Langkah-langkah untuk mengelola password sebagai berikut :
  1. Buka file Powerpoint ang ingin anda Protect, kemudian pilih tab File lakukan Save As.
  2. Muncul kotak dialog Save As, pilih Tools kemudian General Options.
  3. Bila anda mengkehendaki menggunakan Open Password, masukkan password anda ke kolom Password to Open.
  4. Jika anda ingin menggunakan Modify Password maka anda bisa menggunakan kolom Password to Modify.
  5. Setiap anda memasukkan password pada langkah 3 atau 4, maka box konfirmasi akan muncul, ketikkan kembali password yang sama, baik Open atau pun Modify Password.
  6. Apabila anda ingin data pribadi anda dihilangkan maka anda bisa mencentang kotak pada remove Automatically Created Personal information from This File On Save.
  7. Kemudian bila anda ingin mengatur tingkat keamanan macro untuk semua file Powerpoint, maka anda dapat memilih Macro Security kemudian membuat pengaturannya pada kontak Trust Center lalu klik OK.
  8. Untuk membuka file masukkan password untuk hanya sekedar membuka (Read Only) atau mengedit data.

Migrasi File Presentasi Ke Komputer Lain

Migrasi File Presentasi Ke Komputer Lain 
Bila anda ingin mentransfer presentasi anda ke computer lain dan membukanya dari computer tersebut, tetapi anda khawatir di computer tersebut tidak tersedia font yang anda buat, maka cara agar file anda bermigrasi dengan font yang anda buat adalah :
  1. Buku presentasi anda. Klik ntab File, kemudian pilih Save As.
  2. Kemudian akan muncul dialog box Save As. Pada tombol dropdown Tools, pilih Save Option.
  3. Kemudian pada Save Option klik Link Save. Lalu beri tanda centang pada kontak Embed Fonts In The File. Setelah itu klik OK.

Menggunakan Office.com Templates

Menggunakan Office.com Templates
Apabila anda tidak menemukan gaya presentasi yang sesuai dengan kebutuhan anda, maka anda dapat mengunduh di Office .com Templates. Caranya :
  1. Buka tab File, kemudian klik New. Kemudian pada Office.com Templates pilih kategori yang anda inginkan.
  2. Atau anda bisa menuliskan langsung kategori yang anda inginkan.
Setelah itu klik pilih Download, maka jendela Powerpoin anda akan langsung aktif dengan template tersebut. Sedangkan hasil download tersompan dalam folder My Templates.

Memanfaatkan templates dan themes

Memanfaatkan templates dan themes
Selain membuat presentasi dengan format sendiri , anda dapat memanfaatkan template dari sumber lain. Sumber yang telah terinstall dengan powerpoint adalah sample templates dan themes. Untuk menggunakan ikuti langkah berikut :
  1. Pilih tab File kemudian klik New. Pada kolom available templates dan themes pilih Sample Templates.
  2. Setelah itu pilih salah satu yang anda inginkan kemudian klik Create.
  3. Demikian pula apabila anda ingin memanfaatkan themes (tema). Tinggal tekan tab File lalu klik New pada kolom available Templates and Themes pilih Themes.
  4. Kemudian setelah menemukan tema yang sesuai dengan kebutuhan anda klik Create.

Presentasi Dari Blank Preaentation

Presentase dari Blank Presentation
Setelah memahami pembagian jenis template tersebut dia atas diharapkan anda mampu memanfaatkannya secara maksimal. Langkah membuat sebuah presentasi dari awal adalah : 
  1. Buka akses Microsoft Powerpoint 2010 pada computer dengan klik start >All Program > Microsoft Office > Microsoft Powerpoint 2010.
  2. Pilih tab File, lalu klik new > blank presentation. Setelah itu tekan create.

Membuat Presentasi Baru

Ketika anda mempunyai gagasan yang sudah anda susun konsepnya, maka selanjutnya menuangkan konsep tersebut kedalam sebuah Powerpoint untuk mengkomunikasikannya kepada audience. Beberapa orang menyukai membuat gaya template sendiri, tetapi tidak sedikit pula yang memanfaatkan template yang sudah terinstall atau di download dari internet. Ada tiga jenis template ang ada pada Powerpoint : 
  1. Personal templates : merupakan template yang dibuat dengan style anda untuk memenuhi kebutuhan pekerja anda.
  2. Sample templates dan themes : adalah template dan tema yang terintegrasi dengan Powerpoint saat anda menginstallnya.
  3. On line templates : template yang anda download dari Office.com atau source yang lain.


Demikianlah langkah - langkah mudah yang bisa dicoba lakukan agar pembaca dapat mengerti ataupun menggunakan microsoft power point dengan mudah dan cepat.




 Anda Juga Bisa Kirim Berita ke OkeNyus.com - Cek Di Sini 

 

.

 SEPUTAR NGANJUK 
Baca Yang Lainnya...

.

 HUBUNGAN 
Baca Yang Lainnya...

.

 TEKNOLOGI 
Baca Yang Lainnya...

.

 UNIK 
Baca Yang Lainnya...

.

 KESEHATAN 
Baca Yang Lainnya...